9 Tips untuk Sukses MLM

 

Banyak orang takut dan menjauh dari pemasaran jaringan, juga dikenal sebagai pemasaran multi-level (MLM), karena semua mitos dan kesalahpahaman tentang jenis bisnis seperti ini. Bagian dari negativitas berasal dari tingkat keberhasilan MLM yang dilaporkan rendah. Namun, bisnis pemasaran multi-level tidak ditakdirkan untuk gagal lebih dari bisnis lainnya. Terlepas dari bisnis rumahan, Anda memulainya, kesuksesan akan datang dengan melakukan pekerjaan untuk membangunnya.

Untuk beberapa alasan, banyak orang tidak melihat bisnis MLM mereka sebagai sebuah bisnis, seperti jika mereka membuka waralaba atau memulai bisnis dari awal. Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk memastikan kesuksesan Anda adalah memperlakukan usaha MLM Anda seperti sebuah bisnis.

Berikut adalah beberapa tips lain untuk membantu Anda meningkatkan pemasaran multi-level (MLM) dan upaya merekrut dalam dunia penjualan secara langsung:

1. Mengetahui Realitas MLM.
Agar tetap aman dari skema piramida dan penipuan MLM, bekali diri Anda dengan pengetahuan. Pelajari tentang industri penjualan langsung secara keseluruhan, teliti perusahaan MLM dengan cermat, dan tentukan apakah Anda cocok dengan sponsor Anda. Sementara Anda bisa menjadi kaya dalam MLM, statistik menunjukkan bahwa kurang dari satu dari 100 perwakilan MLM benar-benar mencapai kesuksesan MLM atau menghasilkan uang. Namun, itu belum tentu kesalahan bisnis MLM. Kebanyakan atlet tidak pernah berhasil ke Olimpiade, tetapi itu bukan kesalahan olahraga atau Olimpiade. Setiap prestasi besar membutuhkan pengetahuan dan tindakan.

2. Temukan Perusahaan Dengan Produk Yang Anda Sukai.
Terlalu banyak orang terjebak dalam hype potensi pendapatan besar dari MLM, sehingga mereka tidak cukup memperhatikan apa yang diminta perusahaan untuk Anda jual. Anda tidak dapat menjual sesuatu atau membagikan bisnis Anda jika Anda tidak benar-benar bangga dengan apa yang Anda wakili. Lakukan riset MLM Anda dan bermitra dengan perusahaan yang memiliki produk yang bisa membuat Anda bersemangat. Jangan lupa melihat ke dalam rencana kompensasi perusahaan sebelum Anda bergabung dan pastikan itu menguntungkan Anda.

3. Jadilah Apaadanya Secara Etis.
Salah satu alasan mengapa penjualan langsung mendapat pengaruh buruk adalah karena banyak perwakilan menggunakan hype dan kadang-kadang penipuan untuk memikat calon anggota baru. Hal ini membuat banyak orang percaya bahwa perusahaan MLM sendiri mendorong perilaku ini, padahal sebenarnya tidak.
Perusahaan MLM yang sah ingin Anda jujur dalam berurusan dengan pelanggan dan calon karyawan baru. Jika Anda menyukai produk Anda, antusiasme Anda cukup untuk mempromosikannya. Pastikan Anda tidak berlebihan atau membuat klaim yang berlebihan.

Perhatian: Perilaku bisnis yang baik akan memastikan bahwa pelanggan dan rekrutan Anda tidak merasa tertipu, dan sebagai hasilnya, akan tetap bersama Anda.

4. Jangan Menggangu Teman dan Keluarga Anda.
Jangan mengganggu keluarga Anda dan teman Anda dengan terus-menerus mengganggu mereka dengan presentasi bisnis Anda. Tidak ada yang salah dengan membiarkan mereka tahu apa yang Anda lakukan dan lihat apakah mereka tertarik, tetapi jika jawabannya “tidak,” biarkan saja.
Banyak perusahaan menyarankan untuk membuat daftar 100 orang yang Anda kenal, dan itu tidaklah salah, Anda harus mempertimbangkan bahwa MLM yang paling sukses memiliki lebih sedikit orang dari daftar 100 orang dalam bisnis Anda. Dalam kebanyakan kasus, teman dan keluarga yang berkecimpung dalam bisnis sering datang SETELAH melihat kesuksesan MLM yang Anda jalani. Keberhasilan dalam MLM berasal dari memperlakukannya seperti bisnis lain di mana Anda berfokus pada orang-orang yang menginginkan apa yang Anda tawarkan. Itu berarti menentukan siapa target pasar untuk produk / layanan Anda, serta peluang bisnis.

5. Identifikasi Target Pasar Anda.
Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh MLM baru adalah memandang semua orang (termasuk teman dan keluarga) sebagai pelanggan potensial atau rekrutan. Ini adalah salah satu area di mana industri MLM yang Anda jalankan salah. Seperti bisnis lainnya, Anda akan memiliki kesuksesan dan efisiensi yang lebih besar jika Anda mengidentifikasi target pasar Anda dan memfokuskan upaya pemasaran Anda pada mereka.

Tip: Seseorang yang tidak peduli dengan vitamin atau kesehatan dan kesejahteraan bukanlah orang yang baik dalam mengganggu bisnis Anda.

6. Berusaha untuk Berbagi Produk Anda // Rencana Bisnis Setiap Hari.
Banyak sponsor MLM akan membuat Anda fokus merekrut dalam membangun bisnis baru; namun, penghasilan Anda dalam MLM berasal dari penjualan produk atau layanan (baik melalui Anda atau rekrutan Anda). Lebih lanjut, pelanggan yang menyukai produk atau layanan Anda dapat lebih mudah dikonversi dalam membangun bisnis baru.
Sama seperti bisnis lainnya (berbasis rumahan atau lainnya), menyampaikan berita tentang produk atau layanan Anda dapat menguntungkan target pasar Anda adalah kunci untuk menghasilkan pelanggan dan rekrutan baru. Beberapa ide termasuk berbagi sampel produk, mengundang tetangga untuk memperkenalkan produk, atau membuat situs web atau akun media sosial.

7. Sponsor, Jangan Merekrut.
Salah satu manfaat MLM adalah kemampuan untuk membangun bisnis baru dan mendapat keuntungan dari penjualan yang mereka lakukan dalam bisnis mereka. Sementara beberapa orang melihat ini sebagai “menggunakan” orang lain, kenyataannya adalah bahwa Anda mendapat imbalan karena membantu orang lain yang berhasil. Tetapi agar mereka berhasil, Anda perlu melihat peran Anda untuk tidak sebanyak mungkin merkerut, tetapi menjadi seorang pemimpin dan pelatih. Fokusnya adalah pada keberhasilan orang-orang yang Anda bantu dalam bisnis, bukan pada Anda.

Catatan : Itu berarti Anda perlu meluangkan waktu untuk melatih mereka, menjawab pertanyaan, merayakan keberhasilan mereka, dan menjadi pendukung ketika mereka dalam keadaan sulit.

8. Tetapkan Sasaran untuk Para Pihak Melalui Presentasi.
MLM adalah orang ke orang untuk sebuah bisnis. Sementara banyak orang tidak menyukai aspek itu, terutama di era digital, kenyataannya adalah bahwa presentasi itu adalah sentuhan secara pribadi untuk menjual produk dan bisnis Anda, dan mempertahankan pelanggan dan membangun sebuah bisnis.
Berdasarkan rencana dan sasaran Anda, tentukan berapa banyak orang yang Anda perlukan untuk menunjukkan produk atau bisnis Anda untuk mencapai tujuan Anda pada waktu yang Anda inginkan. Melakukan hal itu akan memastikan Anda mengembangkan bisnis Anda.

9. Menonjol dari Distributor Lain
Salah satu tantangan MLM adalah meyakinkan prospek untuk membeli atau bergabung dengan Anda sebagai lawan dari perwakilan lain yang tinggal di lingkungan itu atau mereka mengetahuinya secara online. Anda menjual barang yang sama dengan ribuan lainnya, artinya konsumen punya pilihan. Anda perlu melakukan sesuatu yang membuat Anda unik dibandingkan dengan orang lain. Beri orang alasan untuk memilih Anda daripada perwakilan lainnya. Beberapa opsi termasuk layanan yang lebih personal, memulai program hadiah dari Anda sendiri, atau menawarkan sesuatu yang nilainya lebih besar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *