13 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan, Berdasarkan Sains

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Berkat tingginya tingkat antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat, nampaknya juga cukup sehat. Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko lebih rendah dari beberapa penyakit serius.

Inilah 13 manfaat kesehatan terbaik dari kopi.

1. Dapat Meningkatkan Tingkat Energi dan Membuat Anda Lebih Cerdas
Kopi dapat membantu keleahan seseoran dan meningkatkan energi, karena mengandung stimulan yang disebut kafein (zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di dunia).
Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah Anda. Dari sana, ia bergerak ke otak Anda. Di otak, kafein menghambat adenosine neurotransmitter. Ketika ini terjadi, jumlah neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin meningkat, yang mengarah ke peningkatan penembakan neuron.
Banyak studi pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak, termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi mental umum.

2 Dapat Membantu Anda Membakar Lemak
Kafein ditemukan di hampir setiap penjualan suplemen pembakar lemak. Ini adalah salah satu dari beberapa zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme Anda hingga 3–11%.
Studi lain menunjukkan bahwa kafein secara spesifik dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus.
Namun, ada kemungkinan bahwa efek ini berkurang pada peminum kopi jangka panjang.

3. Dapat secara drastis meningkatkan kinerja fisik
Kafein merangsang sistem saraf Anda, memberi sinyal pada sel-sel lemak untuk memecah lemak tubuh dan juga meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah Anda. Ini adalah hormon pertarungan atau pelarian, yang mempersiapkan tubuh Anda untuk aktivitas fisik yang intens.
Kafein memecah lemak tubuh, membuat asam lemak bebas tersedia sebagai bahan bakar.
Mengingat efek ini, tidak mengherankan bahwa kafein dapat meningkatkan kinerja fisik rata-rata 11-12%.
Karena itu, masuk akal untuk minum secangkir kopi yang kuat sekitar setengah jam sebelum Anda pergi ke gym.

4. Mengandung Nutrisi Esensial
Banyak nutrisi dalam biji kopi yang masuk ke dalam kopi yang sudah diseduh.
Secangkir kopi mengandung :
Riboflavin (vitamin B2): 11% dari Reference Daily Intake (RDI).
Asam Pantotenat (vitamin B5): 6% dari RDI.
Mangan dan kalium: 3% dari RDI.
Magnesium dan niasin (vitamin B3): 2% dari RDI.

5. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2.
Diabetes tipe 2 adalah masalah kesehatan utama, saat ini mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.
Ini ditandai dengan peningkatan kadar gula darah yang disebabkan oleh resistensi insulin atau berkurangnya kemampuan untuk mengeluarkan insulin.
Untuk beberapa alasan, peminum kopi dapat menurunkan diabetes tipe 2 yang secara signifikan.
Studi mengamati bahwa orang yang minum kopi memiliki risiko 23-50% lebih rendah terkena penyakit ini. Satu studi lainnya menunjukkan pengurangan hingga 67%.
Menurut ulasan dari 18 studi dari total 457.922 orang, setiap cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan 7% risiko diabetes tipe 2.

6. Dapat Menurunkan Risiko Parkinson.
Penyakit Parkinson adalah kondisi neurodegeneratif kedua yang paling umum, tepat di belakang Alzheimer. Ini disebabkan oleh kematian neuron penghasil dopamin di otak Anda.
Seperti halnya Alzheimer, tidak ada obat yang diketahui, yang dapat membuatnya jauh lebih penting untuk pencegahan.
Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Parkinson yang jauh lebih rendah, dengan pengurangan risiko berkisar antara 32-60%.
Dalam hal ini, kafein itu sendiri tampaknya bermanfaat, karena orang yang minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena Parkinson.

7. Dapat Melindungi Hati.
Hati Anda adalah organ luar biasa yang melakukan ratusan fungsi penting.
Beberapa penyakit umum dapat mempengaruhi hati, termasuk hepatitis, penyakit hati berlemak dan banyak lainnya.
Banyak dari kondisi ini dapat menyebabkan sirosis, di mana hati Anda sebagian besar digantikan oleh jaringan parut.
Menariknya, kopi dapat melindungi terhadap sirosis – orang yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki risiko penyakit ini hingga 80% lebih rendah.

8. Dapat Melawan Depresi dan Membuat Anda Lebih Bahagia
Depresi adalah gangguan mental serius yang menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan.
Dalam sebuah studi Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011, wanita yang minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah mengalami depresi.
Studi lain pada 208.424 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari memiliki kemungkinan 53% lebih rendah untuk kematian karena bunuh diri.

9. Dapat Menurunkan Risiko Beberapa Jenis Kanker
Kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia. Ini ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam tubuh Anda.

10. Kopi tampaknya melindungi terhadap dua jenis kanker: hati dan kanker kolorektal.
Kanker hati menempati peringkat ketiga kematian utama akibat kanker di dunia, sementara kanker kolorektal menempati urutan keempat.
Studi menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kanker hati hingga 40% lebih rendah.
Demikian pula, salah satu studi pada 489.706 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki risiko 15% lebih rendah terkena kanker kolorektal.

11. Tidak Menyebabkan Penyakit Jantung dan Dapat Menurunkan Risiko Stroke
Sering diklaim bahwa kafein dapat meningkatkan tekanan darah Anda adalah benar, tetapi dengan kenaikan hanya 3-4 mm / Hg, efeknya kecil dan biasanya hilang jika Anda minum kopi secara teratur.
Namun, ini mungkin dapat berakibat pada beberapa orang, jadi ingatlah itu jika Anda memiliki tekanan darah tinggi.
Oleh karena itu, penelitian tidak mendukung gagasan bahwa kopi meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebaliknya, ada beberapa bukti bahwa wanita yang minum kopi memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit jantung. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke 20% lebih rendah.

12. Dapat membantu Anda hidup lebih lama.
Mengingat bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan banyak penyakit, masuk akal bahwa kopi dapat membantu Anda hidup lebih lama.
Beberapa studi pengamatan menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko kematian yang lebih rendah.
Dalam dua penelitian yang sangat besar, minum kopi dikaitkan dengan penurunan 20% risiko kematian pada pria dan 26% penurunan risiko kematian pada wanita.

13. Sumber Antioksidan Terbesar dalam Diet.
Bagi orang yang makan makanan standar Barat, kopi mungkin menjadi salah satu aspek paling sehat dari makanan mereka. Karena kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Studi menunjukkan bahwa banyak orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi daripada kombinasi buah dan sayuran.
Faktanya, kopi mungkin merupakan salah satu minuman paling sehat di planet ini.

Kopi adalah minuman yang sangat populer di seluruh dunia yang menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang mengesankan.

Secangkir kopi harian Anda tidak hanya dapat membantu Anda merasa lebih berenergi, membakar lemak, dan meningkatkan kinerja fisik, tetapi juga dapat menurunkan risiko beberapa kondisi, seperti diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Bahkan kopi dapat meningkatkan umur panjang.

Jika Anda menikmati rasanya dan mentolerir kandungan kafeinnya, jangan ragu untuk menuangkan secangkir untuk diri sendiri atau lebih sepanjang hari.

Dirangkum dan diterjemahkan dari healthline.com

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *